"Sekolah Dasar Islam Unggulan SD Darut Thalabah mencetak generasi Islam yang cerdas & ber-akhlaqul karimah"

Sejarah SD Darut Thalabah

SD Darut Thalabah didirikan untuk memenuhi kebutuhan tiga hal pokok. Pertama, perlunya Yayasan Pendidikan Darut Thalabah menambah jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa sejak tahun 1978 hingga 2003, Yayasan ini telah mengelola Pendidikan TK Al-Asy'ari dan Madrasah Diniyah Darut Thalabah. Selama itu pula, anak-anak lulusan TK Al-Asy'ari melanjutkan pendidikan SD di sekitar ibu kota Kecamatan Wonosari, terutama yang paling banyak di SDN Wonosari 1. Yang lain masuk ke SDN Wonosari 2,3, dan lainnya. Yang Kedua untuk menjawab tuntutan jaman. Rupanya, dari waktu ke waktu potensi pendidikan yang dimiliki oleh Yayasan Darut Thalabah tidak mungkin kalau hanya disalurkan melalui satu ragam jenis pendidikan. Tapi memerlukan jenis lain agar potensi tersebut dapat berkembang secara maksimal. Ketiga, banyaknya masukan dan saran dari Wali Santri dan Wali Murid agar Yayasan Darut Thalabah mendirikan lembaga SD sebagai kelanjutan dari TK Al-Asy'ari yang selama ini sudah berjalan cukup maju, dengan harapan agar lulusan TK dapat langsung melanjutkan pendidikan dasar juga di sekolah yang dikelola oleh Yayasan Darut Thalabah.

Sejarah SD Darut Thalabah

Demi merespon ketiga hal tersebut, maka pada bulan April 2003 Ketua Yayasan KH. Sobri Wasil Ghozali memiliki inisiatif untuk mengundang pengasuh Ponpes Darut Thalabah dan segenap pengurus Yayasan  guna membicarakan soal rencana mendirikan SD di lingkungan Ponpes Darut Thalabah. Dari hasil pertemuan yang berlangsung di rumah Ketua Yayasan, dicapai keputusan untuk mendirikan lembaga pendidikan baru yang diberi nama SD Darut Thalabah, dengan catatan sebelumnya perlu dikonsultasikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso yang saat itu dijabat oleh Bapak Suroso.

Untuk keperluan melakukan konsultasi, Yayasan mengutus beberapa orang. Diantaranya Sdr. Zubaidi Habibullah Asy'ari, S.Ag, Sdr. Abrori SH, dan Ketua Yayasan sendiri yang didampingi oleh salah seorang pengasuh KH. Muhammad Hasyim Sonhaji. Hasilnya, Bapak Suroso baik secara pribadi maupun sebagai Kepala Dinas memberikan dukungan penuh atas rencana berdirinya SD Darut Thalabah yang dikelola oleh Yayasan. Bahkan Bapak Kepala Dinas bersedia untuk dijadikan sebagai anggota Dewan Pembina dalam Struktur Organisasi SD Darut Thalabah.

Karena kesempatan dan peluang yang ada sudah terbuka cukup lebar, maka proses selanjutnya adalah membuat konsep tentang seluk beluk dan proses pendirian SD dari awal hingga menerima murid baru nanti. Oleh Yayasan tugas ini diberikan kepada Bapak Mugirah, S.Pd salah seorang pengurus Yayasan yang juga kebetulan seorang PNS dengan Jabatan Kepala Sekolah. Pada bulan Juni 2003 secara resmi Yayasan mengumumkan pendirian SD Darut Thalabah sekaligus mengangkat Kepala Sekolah dan Dewan Guru. Struktur organisasi awal SD Darut Thalabah saat itu adalah sebagai berikut :

Saat  pertama kali berdiri pada tahun 2003 murid kelas 1 SD Darut Thalabah adalah sebanyak 20 orang. Alhamdulillah, pada tahun-tahun berikutnya seiring dengan naiknya jenjang kelas satu ke kelas 2,3, dan seterusnya, anak-anak usia sekolah dasar yang masuk ke SD Darut Thalabah makin bertambah banyak hingga saat ini.

Pada tahun 2009, SD Darut Thalabah berhasil meluluskan murid untuk pertama kalinya. Dalam kurun waktu enam tahun pertama hingga saat ini sudah banyak prestasi dan keberhasilan yang diraih baik dibidang lomba bidang studi, olah raga, keterampilan, dan sebagainya. Demikian sejarah singkat berdirinya SD Darut Thalabah.

Sekolah Dasar Darut Thalabah yang didirikan pada tahun 2003 telah direnovasi pada tahun 2007. Sekolah ini letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan walaupun angkutan umum tidak masuk ke wilayah ini.

SD Darut Thalabah beralamat di Jalan KH. Ghozali No. 92 Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Terletak di komplek Pesantren Darut Thalabah, merupakan letak yang cukup strategis karena SD Darut Thalabah sangat dekat dengan pusat Kecamatan Wonosari (1 km arah selatan dari Pusat Kecamatan Wonosari dan 12 km dari ibu kota kabupaten). SD Darut Thalabah merupakan satu-satunya SD Swasta yang ada di Kecamatan Wonosari. Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, ada sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh SD Darut Thalabah antara lain lulusan setiap tahun selalu 100%.

SD Darut Thalabah memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, kesiswaan, pendanaan, serta peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan. Sekolah ini berdiri di atas tanah seluas 2500 M2 yang sebagiannya terdiri dari halaman sekolah yang luas tempat siswa beraktivitas setiap hari, seperti kegiatan upacara, senam, dan olahraga. Jumlah peserta didik di SD Darut Thalabah pada tahun pelajaran 2012-2013 sebanyak 157 orang yang terbagi ke dalam 6 rombongan belajar, 17 GTY dan penjaga sekolah 1 orang. Ruang yang tersedia sebanyak 6 ruang belajar, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), 1 ruang perpustakaan, 1 ruang komputer. Setiap ruangan, baik di dalam maupun di luarnya, dihiasi dengan kata-kata mutiara, semboyan, ayat Al-Qur'an Hadits dan media pembelajaran lainnya yang sesuai.

Bagikan ke:
Senin, 09 Januari 2012