"Sekolah Dasar Islam Unggulan SD Darut Thalabah mencetak generasi Islam yang cerdas & ber-akhlaqul karimah"

KH. Asy'ari Pendiri Pondok Pesantren Darut Thalabah Wonosari Bondowoso


KH. Asy'ari adalah pendiri Pondok Pesantren Darut Thalabah Wonosari Bondowoso, beliau perintis awal atau tokoh awal penyebar Agama Islam di wilayah Wonosari Bondowoso, dan sekitarnya.

Beliau adalah santri dari Syech Kholil Bangkalan Madura, para santri yang pernah belajar dibawah asuhan Syech Kholil selain KH. Asy’ari, ialah :

  • KH. Hasyim Asy’ari (pendiri Nahdlatul Ulama dan pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang),
  • KHR. As’ad Syamsul Arifin (Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo),
  • KH. Ali Wafa (pendiri Pondok Pesantren Temporejo, Jember),
  • KH. M. Munawwir (pendiri Pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta),
  • KHR. Abdul Fattah (pendiri Pondok Pesantren Al Fattah, Tulungagung),
  • KH. Romli Tamim (Jombang),
  • dan para Kiai besar lainnya.

Pendirian Pondok Pesantren Darut Thalabah adalah pada saat penjajahan kolonial Belanda yang saat itu menjajah daerah Bondowoso dan sekitarnya. Pada masa itu Pondok Pesantren Darut Thalabah selain sebagai tempat belajar ilmu agama, juga digunakan sebagai basis pertahanan dan perjuangan rakyat dalam melawan penjajah.

KHR. Syamsul Arifin, orang tua dari KHR. As’ad Syamsul Arifin (Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo Asembagus, Situbondo), menjadi dewan penasehat atau pembina di Pondok Pesantren Darut Thalabah dan daerah Wonosari, Bondowoso antara tahun 1910-1950 M.

KH. Asy'ari wafat pada tahun 1948 disaat Indonesia merayakan kemerdakaan yang ke-3, beliau dimakamkan di pemakaman keluarga Dusun Kelapa Sawit Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso.

Semoga kita semua dapat mencontoh serta menjadi penerus segala perjuangannya dan semoga segala amal beliau diterima oleh Allah SWT. Amin

Bagikan ke:
Rabu, 01 Februari 2012